Bagai mana bekuan darah bisa terjadi? Apa akibatnya ?Bagai mana cara mencegah nya ?

bekuan darah dan cara menghindarinya

Bekuan darah ( trombus) terbentuk dari penimbunan trombosit-trombosit darah. trombosit-trombosit ini menimbun di dalam rongga pembuluh jantung,  mengakibatkan terjadinya endapan yang lama kelamaan mengeras.  Endapan inilah yang dinamakan thrombus. pada saat dinding dalam pembuluh darah terluka, trombosit di dalam darah mulai menempel dan menumpuk pada luka tersebut, yang selanjutnya melepaskan cairan membeku sehingga sehingga melekat dengan fibrin protein dalam darah dan membentuk jaring .

Nah, jaring inilah yang akan menangkap sel darah merah yang lama kelamaan akan menumpuk dan membentuk thrombus yang kemudian akan menytumbat pembuluh darah, mengakibatkan organ tubuh terkait kekurangan darah dan mengkerut, bahkan rusak. Trombus juga dapat memicu stroke, lumpuh otak,  jantung koroner, nyeri di dada kiri , sumbatan pembuluh darah jantung dll. jadi bagaimanakah cara untuk mencegah terjadinya thrombus? Pertama-tama adalah menjaga pola makan .  kurangi makanan berminyak, berkalori tinggi serta bermakanan manis. Usahakan agar mengfurangi rasa pada masakan (kurangi garam dan penggunaan perasa), perbanyak makan sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan dan makanan berprotein lainnya. Selanjutnya, tingkatkan olah raga namun jangan berlebihan dan jangan terlalu berat.

Terakhir adalah harus cukup mendapatkan asupan yang dapat mencegah pembentukan thrombus. Dengan mengkonsumsi ICP secara rutin maka kita dapat mencegah penyakit-penyakit pembuluh darah. Karena mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *