Hati-Hati Hipertensi Salah Satu Faktor Resiko Penyakit Jantung!!!

Hati-Hati Hipertensi Salah Satu Faktor Resiko Penyakit Jantung!!!
Hati-Hati Hipertensi Salah Satu Faktor Resiko Penyakit Jantung!!!

Hipertensi adalah salah satu kondisi seseorang mengalami tekanan darah tinggi yang tekanannya di atas batas normal sekitar 140/90 mmHg tekanan darahnya. Hipertensi termasuk salah satu factor utama terjadinya penyakit jantung ,Maka dari itu kita perlu menghindari tekanan darah tinggi dengan cara menstabilkan tekanan darah agar tetap normal.

Jika terkena tekanan darah tinggi akan menyebabkan gangguan pada organ vital yang ada dalam tubuh seperti gangguan pada otak,ginjal serta jantung. Jika tekanan darah semakin tinggi maka akan menyebabkan organ tubuh mengalami kerusakan semakin meningkat. Pasti tidak ingin kan? Maka mulai sekarang anda harus bisa mengontrol tekanan darah agar tetap normal.Karena  Hasil penelitian mengatakan bahwa hipertensi adalah salah satu penyebab serangan jantung mendadak.

Hati-Hati Hipertensi Salah Satu Faktor Resiko Penyakit Jantung!!!

Tekanan darah yang mengalami peningkatan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan fungsi endotel dan sel-sel pelapis dinding yang ada pada pembuluh darah . gangguan ini akan menyebabkan endotel tidak berfungsi yang akan mengakibatkan munculnya kerak-kerak yang akan menyebabkan liang pada pembuluh koroner menyempit.  Pembuluh koroner sangat penting bagi tubuh kita karena fungsi dari pembuluh koroner adalah sebagai jalan nutrisi dan energy untuk jantung. jika kerak-kerak yang ada pada pembuluh koroner dibiarkan akan menyebabkan kesehatan sel pada jantung terganggu serta tekanan darah tinggi akan menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran darah,plak-plak koroner menjadi retak serta jika kondisi tersebut dibiarkan akan mengakibatkan adanya resiko serangan jantung.

Hipertensi dapat menyebabkan gagal jantung karena tekanan darah yang tinggi juga berdampak pada otot jantung. jika tekanan darah tinggi akan menyebabkan otot bilik kiri jantung menjadi terbebani ketika memompa darah. Ketika otot bilik kiri jantung terbebani sehingga akan menyebabkan otot jantung kiri mengalami pembesaran sehingga fungsi jantung menurun serta mengakibatkan gagal jantung.

Selain menyebabkan gagal jantung, hipertensi juga menyebabkan irama jantung mengalami gangguan.  Salah satu gangguan jantung adalah afrial fibrillation,  afrial fibrillation adalah salah satu gangguan yang menyebabkan serambi jantung akan bergetar dengan cara tidak beraturan. Akibat adanya gangguan ini akan muncul gumpalan darah pada ruang jantung, dan jika gumpalan darah ikut terlepas akan menyebabkan adanya sumbatan pada liang pembuluh darah pada otak mengakibatkan adanya resiko penyakit stroke.

Mengalami hipertensi itu sangat berbahaya karena menyebabkan resiko penyakit jantung jadi perlu menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat. Yang paling penting harus menjaga tekanan darah  agar tetap normal, semoga artikel saya ini bermanfaat bagi anda semua jika ada salah kata saya mohon maaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *