Dampak Buruk Obesitas Bagi Kesehatan Jantung

Dampak Buruk Obesitas Bagi Kesehatan Jantung
Dampak Buruk Obesitas Bagi Kesehatan Jantung

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh semua orang. Masalah obesitas akan menjadi fatal jika di biarkan karena akumulasi lemak yang ada pada tubuh seseorang yang mengalami obesitas akan meningkat. Biasanya disimpan di bawah kulit, jaringan pembuluh darah,omentum,serta jaringan lemak lainnya. Akan sangat berbahaya  Jika lemak yang berlebih itu tersimpan di lapisan pembuluh darah arteri karena tubuh arteri memiliki tugas sebagai penyuplai darah untuk organ vital contohnya jantung dan otak. Lemak yang menumpuk di pembuluh darah dapat menyebabkan menurunnya fungsi pembuluh serta penyumbatan pada pembuluh yang akan meningkatkan resiko penyakit jantung.

Lemak yang tertimbun dapat memicu adanya pembentukan aterosklerosis serta adanya penebalan pada pembuluh darah yang diakibatkan oleh adanya akumulasi senyawa lemak seperti trigliserida serta kolesterol, khususnya pada arteri koronaria, arteri ini memiliki tugas membawa darah yang masih segar menuju ke otot jantung.

Lemak yang menimbun di dalam tubuh tidak memiliki sifat secara langsung terjadi adanya pengaruh bahayanya, munculnya pengaruh adanya lemak ini melalui proses berantai yang kompleks. Sehingga secara singkat lemak yang terakumulasi di pembuluh darah akan menimbulkan peradangan, yang akhirnya dapat membentuk adanya tonjolan plak yang akan mempersempit pembuluh darah pecahnya plak yang dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada arteri koroner dikarena kan adaya sindrom koroner akut.

Sindrom koroner akut ini adalah salah satu gejala penyakit jantung koroner, sindrom koroner akut ini dapat diartikan serangan jantung.  sindrom koroner akut biasanya timbul karena adanya peningkatan oksigen yang di butuhkan jantungyang tanpa disertai pasokan yang memadai dan terjadinya penurunan oksigen yang disuplai menuju jantung. ketika jantung bekerja keras memompa jantung, akan meningkatkan kebutuhan oksigen untuk jantung, biasanya jantung bekerja sangat keras ketika melakukan olah raga. Sedangkan terjadinya penurunan suplai oksigen disebabkan adanya penyumbatan arteri koroner. Jika jantung tidak terpenuhi kebutuhannya dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan otot jantung anda mengalami kerusakan serta mengalami kekurangan oksigen pada dalam darah. Bila keadaan ini terjadi terus menerus akan menyebabkan matinya sel otot jantung ,kondisi ini yang dapat menimbulkan adanya rasa nyeri yang sangat hebat serta terhentinya jantung pada penderita penyakit jantung koroner.

Kita harus menjaga berat badan kita agar kesehatan jantung kita tetap terjaga,dan perlu menjaga pola makan kita. Semoga dengan artikel saya ini anda semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat , jika ada salah kata saya mohon maaf dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *