Mengatasi Penyakit Hipertensi Dengan Mengkonsumsi Seledri

Mengatasi Penyakit Hipertensi Dengan Mengkonsumsi Seledri
Mengatasi Penyakit Hipertensi Dengan Mengkonsumsi Seledri

Seledri merupakan sayuran daun yang dapat dijadikan bumbu masakan ternyata juga dapat dijadikan tanaman obat. Sayuran ini sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai obat tradisional menurunkan tekanan darah tinggi. Tumbuhan seledri kaya akan kandungan vitamin A,B1,B2,B3,B5,B6,C,E,K yang sangat baik bagi tubuh.

Seledri memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satu fungsi nilai gizi yang ada didalam sayuran seledri adalah dapat mendorong fungsi kardiovaskular, meningkatkan kadar kolesterol baik,menurunkan tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi. Alasan kenapa seledri dapat digunakan untuk pengobatan secara alami adalah:

  • Seledri memiliki kandungan senyawa phthalide yang mengeluarkan aroma dan rasa yang unik, selain itu senyawa ini dapat melemaskan otot-otot halus yang ada pada dinding pembuluh darah arteri lalu dan akhirnya dapat mengalirkan darah tanpa ada hambatan. Senyawa phthalide memiliki sifat menghambat tirosin hidroksilase, salah satu enzim yang dibutuhkan untuk mencetuskan hormone stress. Karena stress pada umum nya dapat menyebabkan adanya penyempitan pembuluh darah sehingga dapat mempengaruhi tekanan darah dan jantung.
  • Seledri juga mengandung senyawa kumarin yang dapat mencegah terjadinya penyebaran partikel karsinogenik (radikal bebas) yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel dengan infiltrasi jaringan serta organ. Kumarin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kekebalan tubuh terhadap darah, dapat merangsang aktivitas sel darah putih maka dari itu secara tidak langsung dapat menurunkan tekanan darah dengan signifikan.
  • Di dalam seledri di temukan zat kimia yang dikenal dengan epigenin yang berfungsi sebagai anti oksidan,anti inflamasi,anti iritasi,anti septic serta anti kanker. Selain itu juga memiliki fungsi sama dengan senyawa phthalides yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mencegah adanya penyakit hipertensi

Untuk peringatan dalam medis telah melakukan penelitian jika mengkonsumsi 4 batang seledri secara terus menurus juga dapat mengakibatkan tekanan darah menurun sebanyak 12%. Tetapi penelitian juga menghimbau bahwa memiliki kandungan natrium yang jika mendapatkan asupan yang berlebih dapat meningkatkan tekanan darah.

Diharapkan sebelum mengkonsumsi seledri untuk mengatasi darah tinggi lebih baik konsultasi pada dokter karena setiap individu memiliki takaran yang berbeda maupun cocok atau tidaknya jika di konsumsi. Sekian dari artikel saya ini semoga bermanfaat untuk anda semua dan jika ada salah kata saya mohon maaf, terima kasih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *