Manisnya Kismis Dapat Menyehatkan Gigi Dan Jantung Anda

Manisnya Kismis Dapat Menyehatkan Gigi Dan Jantung Anda
Manisnya Kismis Dapat Menyehatkan Gigi Dan Jantung Anda

kismis merupakan salah satu camilan sehat yang terbuat dari buah anggur yang dikeringkan, kismis bisa langsung dimakan atau juga bisa dipakai dalam masakan seperti hiasan kue. Rasa dari camilan ini sangat manis karena mempunyai konsentrasi gula tinggi serta jika kismis ini disimpan dalam waktu yang lama maka gula pada kismis akan terkristalisasi di dalamnya sehingga akan menyebabkan kismis teksturnya menjadi kasar.

Tidak hanya memiliki rasa manis saja tetapi kismis juga kaya akan serat,kalori serta antioksidan . Kandungan antioksidan yang ada didalam kismis ini memiliki fungsi untuk memerangi tumbuhnya jenis-jenis bakteri pada mulut yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit gusi serta peradangan. Seseorang yang mempunyai masalah penyakit gusi dapat mempengaruhi kesehatan jantungnya sehingga menyebabkan terjadinya resiko penyakit jantung.

Pernyataan ini telah di adakan penelitian oleh Christine D.Wu yang berasal dari IIIinois di Chicago, AS hasilnya adalah kismis memiliki kandungan senyawa yang bisa melawan adanya bakteri yang menyebabkan gusi dan gigi mengalami kerusakan.  Senyawa ini adalah kandungan antioksidan alami berupa oleanolic aldehyde,betulin acid,betulin,oleanolic acid serta 5- (hydroxymethyl)-2-furfural.

Tidak hanya itu Carl L. Keen dari universitas California-Davis telah melakukan penelitian tentang manfaat kismis, dan hasilnya mengkonsumsi kismis sebagai camilan secara rutin selama 4 minggu akan meningkatkan kapasitas antioksidan plasma serta dapat menurunkan laju oksidasi kolesterol jahat. Jika laju oksidasi kolesterol jahat terhambat maka akan sangat bermanfaat untuk peningkatan kesehatan kardiovaskular serta dapat membantu mencegah terkena berbagai penyakit degenerative.

Dan kandungan antioksidan yang ada didalam kismis ini dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan oksidatif, sehingga akan menghambat terjadinya proses penuaan. Kandungan antioksidan ini juga sangat penting bagi tubuh untuk melindungi kolesterol serta lemak darah dari proses oksidasi.

Jika lemak yang ada didalam darah akan menyebabkan terjadinya penumpukkan di dinding arteri yang akan menyebabkan terjadinya penyempitan (aterosklerosis). Penyempitan pada pembuluh darah ini dapat menyebabkan terkena penyakit jantung koroner, hipertensi, serta stroke. Tidak hanya dianjurkan mengkonsumsi kismis sabagai camilan tetapi juga harus menjaga pola hidup sehat serta pola makan yang sehat pula. Sekian dari artikel saya ini semoga bermanfaat untuk anda semua dan jika ada salah kata saya mohon maaf terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *