Dampak Buruk Emosi Bagi Kesehatan Jantung Anda

Dampak Buruk Emosi Bagi Kesehatan Jantung Anda
Dampak Buruk Emosi Bagi Kesehatan Jantung Anda

Setiap orang pasti pernah meluapkan kemarahan kepada seseorang tetapi taukah anda bahwa emosi itu memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan jantung kita bahkan juga dapat memicu adanya resiko penyakit jantung. Banyak orang yang tidak mengatahui dampak negatif dari emosi bagi kesehatan kita sehingga banyak orang yang sering meluapkan emosi sejadi-jadinya.

Para pakar kesehatan telah berpendapat bahwa kemarahan yang dialami seseorang mungkin menghasilkan efek psikologis secara langsung pada jantung serta arteri. Kondisi ini dengan cepat dapat mengaktifkan respon hormon stres termasuk kortisol serta adrenalin sehingga menyebabkan detak jantung serta pernafasan menjadi cepat dan tekanan darah dalam tubuh menjadi meningkat yang disebabkan karena adanya penyempitan di pembuluh darah.

Sebenarnya reaksi hormon stres merupakan sistem tanggap darurat yang mempunyai manfaat pada situasi-situasi tertentu tetapi jika diaktifkan berulang kali akan berbahaya bagi tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan sistem kardiovaskular serta jantung bekerja secara ekstra , jantung akan memompa darah lebih keras, mengalami pembuluh darah menyempit, sehingga menyebabkan tekanan darah melonjak dan kadar gula darah meningkat dan munculnya gelembung lemak pada pembuluh darah, kejadian ini diyakini sanggup merusak dinding arteri.

Dan berdasarkan 44 penelitian yang telah di publikasikan di journal of American college of cardiology  menyatakan telah ditemukan bahwa dapak dari emosi kemarahan serta kebencian dapat mengakibatkan seseorang terkena resiko penyakit jantung. Dan hasil analisis juga ditemukan adanya dampak buruk lagi jika seseorang yang marah ternyata sudah memiliki gangguan jantung.

Diketahui orang dewasa yang memiliki kebiasaan meluapkan kemarahan dan bersikap bermusuhan dengan seseorang ternyata mempunyai resiko terkena penyakit jantung sekitar 19% lebih besar jika dibandingkan dengan orang yang mempunyai kepribadian yang lebih tenang. Dan para peneliti juga telah menemukan bahwa sikap emosional lebih merusak organ jantung pria daripada wanita.Serta diantara pasien yang mengalami penyakit jantung,pasien yang memiliki sifat temperamental mempunyai harapan hidup 24%lebih rendah jika dibandingkan dengan pasien yang mudah mengendalikan emosi.

Bagi anda yang mungkin sangat mudah meluapkan amarah mulai sekarang lebih baik belajar menjaga emosi agar jantung anda tidak mengalami gangguan yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Sekian dari artikel ini semoga bermanfaat bagi anda semua dan jika ada salah kata saya mohon maaf, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *