Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Mengkonsumsi Buah Belimbing

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Mengkonsumsi Buah Belimbing

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Mengkonsumsi Buah Belimbing

Buah belimbing merupakan buah yang memiliki rasa manis disertai rasa kecut, bentuk buahnya unik yaitu berbentuk bintang. Buah belimbing tumbuh di Negara-negara beriklim tropis salah satunya Negara kita Indonesia, jika buah belimbing telah masak biasanya berwarna kuning. Buah ini sangat digemari banyak orang karena selain manis juga memiliki rasa yang menyegarkan, sehingga banyak orang yang sering mengolah buah ini sebagai makanan maupun minuman contohnya adalah jus belimbing.

Buah belimbing sering dijadikan obat tradisional karena memiliki kandungan vitamin serta nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalam buah belimbing, diantaranya : 45-57% Vitamin C, Vitamin A,E &B komplek seperti niacin,folat,tiamin,riboflavin,piridoksinĀ  didalamnya. Tidak hanya vitamin dan nutrisi saja tetapi juga merupakan sumber mineral yang cukup banyak, diantaranya: magnesium,kalsium,potasium,besi,seng dan fosfor.

Buah belimbing mempunyai serat pangan cukup besar sekitar 7 % sedangkan kandungan kalori pada belimbing memiliki kadar yang rendah sekitar 31 kalori per 100 gram buah. Belimbing juga dilengkapi fitonutrien polifenol seperti epikatekin,asam galat dan quercetin.

Serat yang ada pada buah belimbing memiliki manfaat dapat membantu mencegah proses penyerapan kolesterol jahat (LDL) oleh usus serta dapat membantu mengurangi kadar serum trigliserida pada tubuh. Jika kadar kolesterol LDL pada darah tinggi dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan arteri serta dapat menimbulkan terkena penyakit jantung dan stroke.

Selain dapat mengontrol kadar kolesterol kandungan seyang ada di dat larut dan antioksidan yang ada di dalam buah belimbing juga dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. kandungan potasium yang ada didalam buah belimbing memiliki fungsi untuk mengontrol detak jantung serta tekanan darah yang ada didalam tubuh anda agar tetap normal.

Anda dapat mengkonsumsi buah belimbing untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara mengkonsumsi nya secara langsung dan juga dapat diolah menjadi jus belimbing. Buah belimbing juga memiliki efek samping tidak dianjurkan untuk penderita gagal ginjal,seseorang yang menjalani perawatan dialysis ginjal serta batu ginjal. Karena buah belimbing mempunyai kandungan asam oksalat yang tinggi sekitar 50ribu sampai 95,8 ribu per 100gram. Jika dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal akan menyebabkan muntah,mual,cegukan, serta gangguan kesadaran.

Sekian dari artikel saya ini semoga bermanfaat untuk anda semua dan jika ada salah kata saya mohon maaf,terima kasih.

 

 

ICP Capsule