Olahraga Berat Dapat Memicu Serangan Jantung

Olahraga Berat Dapat Memicu Serangan Jantung

Olahraga Berat Dapat Memicu Serangan Jantung

Banyak kasus kematian yang disebabkan karena terkena serangan jantung atau disebut juga infark miokard. Serangan jantung ini terjadi karena pasokan darah yang dialirkan ke jantung mengalami penghambatan yang di sebabkan adanya penumpukan lemak atau penggumpalan darah. Jika proses aliran darah ke jantung ini mengalami gangguan dapat menghacurkan atau merusak otot jantung sehingga akan berakibat fatal. Gejala yang sering muncul ketika penderita mengalami serangan jantung adalah sesak nafas, merasa lemah dan pusing, muncul rasa yang sangat gelisah, terasa nyeri di bagian dada.

Saat ini banyak kasus seseorang meninggal dunia di karena terkena serangan jantung ketika sedang berolahraga. Olah raga memang dianjurkan tetapi jika melakukan olah raga berat malah akan menyebabkan serangan jantung. kenapa dapat menyebabkan serangan jantung karena kelelahan yang tidak dirasakan, kelelahan dapat menimbulkan adanya kerusakan di jantung serta dapat berisiko terkena penyakit stroke bahkan mengalami kematian yang mendadak.

Detak jantung akan melebihi detak normalnya ketika kondisi tubuh kita mengalami kelelahan sehingga akan muncul gangguan jantung. munculnya gangguan jantung disebabkan karena adanya penyakit arteri koroner yang terlalu sempit untuk memasok darah ekstra. Padahal darah ekstra sangat di perlukan otot ketika latihan berat karena memiliki kandungan nutrisi dan oksigen.

Karena kurangnya pasokan darah ekstra akan menyebabkan otot jantung menjadi lemah atau tidak bisa melakukan implus listrik secara benar ketika tubuh dalam kondisi kelelahan. Kondisi ini jika dibiarkan lama-kelamaan akan menyebabkan bagian otot jantung mengalami kerusakan dan mengakibatkan adanya serangan jantung .

Memiliki jantung normal dan sehat tidak terlalu beresiko terkena serangan jantung setelah berolahraga. Tetapi seseorang yang menderita jantung koroner memiliki resiko serangan jantung dan menyebabkan kematian. Seharusnya seseorang yang mempunyai gangguan jantung jangan melakukan olahraga yang berlebihan karena kondisi tubuh yang mudah lelah. Salah satu olah raga berat diantaranya adalah sepak bola,futsal,angkat besi,tenis,dan bulu tangkis.

Lakukan olah raga sesuai dengan anjuran dokter, usahakan berenanglah selama 30 menit di percaya dapat memulihkan kondisi jantung anda. Sekian dari artikel saya ini semoga bermanfaat untuk anda semua jika ada salah kata saya mohon maaf, terima kasih.

ICP Capsule